Kerupuk / Kemplang

Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi dengan dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Provinsi ini memiliki pantai-pantai yang indah dengan tebaran batu granit sebagai ciri khasnya. Tak hanya itu, kulinernya pun sangat nikmat. Salah satunya kerupuk kemplang. Beraromakan ikan, kemplang menjadi oleh-oleh khas Pulau Bangka.

Menggunakan ikan tenggiri dan tepung tapioka sebagai bahan dasar pembuatan, kemplang juga bisa dinikmati dalam berbagai rasa, seperti udang atau cumi-cumi. Kekayaan laut yang dimiliki Pulau Bangka juga ikut berimbas pada cita rasa kemplang.

Kemplang berbentuk bulat-pipih dengan rasa yang gurih dan renyah saat digigit. Saat menikmatinya, kemplangbiasa dipadukan dengan sambal terasi khas Bangka membuat rasa kemplang menjadi lebih beragam.

Sambal yang memiliki rasa pedas-manis sebagai pelengkap membuat cemilan ini begitu sedap saat dinikmati. Tak hanya di kalangan masyarakat Pulau Bangka, kemplang pun sudah menyebar ke berbagai daerah. Karena itu,kemplang menjadi oleh-oleh yang utama saat berkunjung ke Pulau Bangka.

Banyak toko oleh-oleh di Pulau Bangka yang menjajakan kemplang. Terlebih, saat berkunjung ke pusat Kota Pangkal Pinang. Di sini, kemplang sangat mudah dijumpai. Kemplang-kemplang dijajakan dalam berbagai varian, seperti kemplang mentah dan kemplang panggang. 

Kemplang panggang menjadi buruan utama para penikmat kerupuk. Rasanya yang nikmat serta dijajakan dalam kondisi siap disantap membuat kemplang jenis ini menjadi idola. Sebagai tips, carilah kemplang yang berasal dari daerah Belinyu. Kemplang dari daerah ini dipercaya memiliki rasa paling lezat

Sumber: 
www.indonesiakaya.com

Produk DesaPopuler

www.indonesiakaya.com
17/10/2016 | www.indonesiakaya.com
www.indonesiakaya.com
17/10/2016 | www.indonesiakaya.com
visitbangkabelitung.com
17/10/2016 | visitbangkabelitung.com